Yahoo! Geocities Ditutup 26 Oktober 2009

Yahoo mengumumkan bahwa mereka akan segera menutup layanan pembuat website gratis dan komunitas GeoCities mereka. Tepatnya pada 26 Oktober 2009.

Setelah tanggal tersebut, pengguna yang memiliki akun atau situs di GeoCities tidak akan lagi dapat membuka situsnya di Internet. Selain itu, mereka juga tidak lagi dapat mengakses akun dan mengambil data-data mereka.

“Mohon diketahui bahwa setelah 26 Oktober, file-file GeoCities Anda akan dihapus dari server kami dan tidak dapat dikembalikan,” sebut Yahoo pada notifikasinya 10 Juli 2009. “Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi Anda sebagai pengguna GeoCities dan berharap Anda tetap bisa menikmati layanan Yahoo yang lainnya.”

Jika Anda memiliki akun GeoCities dan masih menginginkan file-file atau posting Anda di sana, ada dua cara yang disarankan Yahoo.

Pertama adalah memindahkan situs GeoCities Anda ke Yahoo! Web Hosting. Untuk waktu terbatas, Anda dapat memindahkan file Anda secara otomatis dan menikmati fitur-fitur seperti alamat domain dan email yang sesuai keinginan, atau juga me-redirect alamat GeoCities Anda ke situs baru Anda di Yahoo! Web Hosting. Sayangnya, tidak seperti GeoCities yang bebas biaya, di layanan baru ini Anda perlu membayar sebesar 4,99 dolar AS per bulan.

Cara kedua adalah men-download file-file Anda secara manual ke komputer. Dengan menyimpan gambar dan halaman web Anda secara offline, Anda dapat membangun kembali situs Anda dengan penyedia jasa hosting manapun yang sesuai pilihan Anda.

Untuk mendownload halaman-halaman situs GeoCities Anda, cara yang perlu dilakukan adalah dengan mengklik kanan di setiap halaman lalu pilih opsi ‘Save Page As…’ pada menu yang muncul. Setelah itu pilih lokasi di mana Anda akan menyimpan file-file Anda. Terakhir pencet tombol ‘OK’ atau ‘Save’. Jangan tunda-tunda. (vivanews/ketok)
 

SULOS TEch Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal